Pengertian Tentang Mail Server






Assalamualaikum wr.wb
 Kembali lagi di blog Semua Tentang PC ini, dan untuk kali ini saya akan memposting masih mengenai server, ya benar sekali saya akan mempostingan tentang materi yang masih berkaitan dengan artikel kemarin yaitu Pengertian Ftp Server, dan untuk kali ini saya akan memposting artikel dengan judul Pengertian Tentang Mail Server. Tanpa Basa Basi Cekidottt Langsung Saja Simak Ya :D

Pengertian Mail Server
Mail server merupakan suatu perangkat lunak yang mendistribusikan file atau informasi sebagai balasan atau respon atas permintaan yang dikirim melalui email. Istilah ini juga sering digunakan untuk menunjukkan bitnet yang menyediakan layanan serupa ftp. Tak hanya itu program ini juga dapat digunakan sebagai aplikasi install email. Mail server atau yang sering disebut juga E-mail server digunakan untuk mengirim surat melalui internet. Dengan begitu, dengan adanya mail server maka dapat mempermudah kita dalam penggunaannya karena lebih cepat dan efisien.

Mail server ini dikelola oleh seorang post master yang memiliki beberapa tugas pokok yaitu :
1.      Mengelola akun.
2.      memonitor bagaimana kinerja server.
3.      Membuat mail server.
4.      Mengamankan data dalam mail server.
5.      melaksanakan tugas administrator lainnya.

Mail server berfungsi sebagai pengatur atau penerima dan penyalur respon atas email yang masuk.

Cara kerja mail server adalah :
1.      Saat kita mengirim email, maka email tersebut di simpan pada email-server menjadi satu file berdasarkan tujuan email yang berisi sumber dan juga tujuan, serta dilengkapi tanggal dan waktu pengiriman.
2.      Misalnya kita memiliki account iqbalbaihaqi, maka pada saat kita mengirim email ke iqbalbaihaqi maka pada email server terdapat iqbalbaihaqi.txt yang berisikan data yang dikirimkan.
3.      Pada saat kita hendak membaca email maka kita mengakses email server.
4.      Saat mengirim email maka email anda akan ditangani oleh SMTP server dan akan dikirim ke SMTP server tujuan, baik secara langsung maupun melalui melalui beberapa SMTP server dijalurnya. apabila server tujuan terkoneksi maka email akan dikirim, namun apabila tidak terjadi koneksi maka akan dimasukkan ke dalam queue dan di ‘resend setiap 15 menit’. Apabila dalam 5 hari tidak ada perubahan maka akan diberikan undeliver notice ke inbox pengirim.
5.      Apabila email terkirim email akan masuk pada POP3 server atau IMAP server.

Nah setelah kita tahu pengertian,fungsi dan cara kerja mail server maka kita akan belajar mengenai dns server yang akan saya posting di pertemuan selanjutnya. Dan untuk kali ini cukup sampai di sini dahulu dan sampai jumpa lagi di pertemuan berikutnya.

Wassalamualaikum wr.wb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Tentang Mail Server"

Posting Komentar