Pengertian FTP Server



Assalamualaikum wr.wb
                      Apa Kabarnya ? pasti baik" ajakan hehe saya akan menjelaskan Pengertian FTP Server.. oke Cekidot langsung aja tanpa basa-basi :D


            Oke untuk kali ini saya akan memposting artikel yang berkaitan dengan server, saya memposting ini karena saya juga sedang mempelajari materi ini lho di sekolah. Mungkin kamu pernah mendengar istilah ftp server, namun tahukah kamu apa yang dimaksud dengan ftp server itu sebenarnya ? pada kesempatan kali ini saya  akan memberikan informasi mengenai pengertian ftp, fungsinya serta cara kerjanya.

            FTP Server merupakan singkatan dari File Transfer Protocol atau yang dalam bahasa Indonesia berarti Protokol Pengiriman Berkas. Atau suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan TCP koneksi bukan UDP.
Kebanyakan orang berpikir bahwa ftp tidak banyak berperan dalam kehidupan sehari-hari nyatanya itu sangatlah keliru. ketika kita sedang melakukan proses download ataupun upload melalui sebuah website, tanpa sadar kita sebenarnya juga kta telah menggunakan protokol FTP lho.
FTP server adalah suatu server yang menjalankan software yang berfungsi untuk memberikan layanan tukar menukar file dimana server tersebut selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapat permintaan (request) dari FTP client.
FTP client adalah computer yang merequest ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file. Setelah terhubung dengan FTP server, maka client dapat men-download, meng-upload, ,men-delete, dll sesuai dengan permission yang diberikan oleh FTP server.

Fungsi FTP yang utama adalah melakukan pertukaran file dalam jaringan.
Fungsi FTP adalah Melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk internet. Dalam bahasa teknis, FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. FTP juga berfungsi untuk mempermudah dalam pembagian file-file.

Nah setelah kamu tahu berbagai istilah mengenai ftp server maka untuk cara kerjanya yaitu mentransfer halaman file dari komputer Client ke situs web komputer hosting, juga digunakan oleh situs yang menyediakan fasilitas download file.



a)      Membuat sebuah koneksi antara klien dan server.

b)      Untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server.

c)      mengembalikan respons server ke perintah tersebut.

FTP Server sendiri dibagi atas dua jenis, yaitu :

Private FTP: yaitu FTP Server yang hanya mengizinkan orang-orang tertentu untuk mengakses file-file yang ada di ftp server.

Public FTP : FTP server yang mana mengizinkan siapapun untuk memperoleh (mengunduh) file-file yang terdapat pada FTP server.

Demikian ulasan mengenai Pengertian FTP Server, semoga bermanfaat bagi kita semua, sehingga kita menjadi lebih paham mengenai ftp server, sekian dan terimakasih
Wassalamualaikum wr. wb
 

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pengertian FTP Server"

  1. Does one really need to deal with the cost and complexity of FTP? Binfer is a more secure alternative. See http://www.binfer.com/solutions/tasks/ftp-alternative-or-replacement

    BalasHapus